little mind in little space

For Muslim & Non Muslim

Posted on: November 6, 2006

-dari milis niy-

Berikut ini tulisan mengenai pengharaman darah dan babi dalam Islam, diulas dari sudut pandang logika dan ilmu kesehatan. Semoga bermanfaat.

Disadur ke Bahasa Indonesia dari jurnalnya idan, yang diambil dari mhaniff.

Bob: Tolong beritahu saya, mengapa seorang Muslim sangat mementingkan mengenai kata-kata “Halal” dan “Haram”; apa arti dari kata-kata tersebut?

Yunus: Apa-apa yang diperbolehkan diistilahkan sebagai Halal, dan apa-apa yang tak diperbolehkan diistilahkan sebagai Haram, dan Al-Qur’an lah yang menggambarkan perbedaan antara keduanya.

Bob: Dapatkah anda memberikan contoh?

Yunus: Ya, Islam telah melarang segala macam darah. Anda akan sependapat bahwa analisis kimia dari darah menunjukkan adanya kandungan yang tinggi dari uric acid (asam urat?), suatu senyawa kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia.

Bob: Anda benar mengenai sifat beracun dari uric acid, dalam tubuh manusia, senyawa ini dikeluarkan sebagai kotoran, dan dalam kenyataannya kita diberitahu bahwa 98% dari uric acid dalam tubuh, dikeluarkan dari dalam darah oleh Ginjal, dan dibuang keluar tubuh melalui air seni.

Yunus: Sekarang saya rasa anda akan menghargai metode prosedur khusus dalam penyembelihan hewan dalam Islam.

Bob: Apa maksud anda?

Yunus: Begini… seorang penyembelih, selagi menyebut nama dari Yang Maha Kuasa, membuat irisan memotong urat nadi leher hewan, sembari membiarkan urat-urat dan organ-organ lainnya utuh.

Bob: Oh begitu… Dan hal ini menyebabkan kematian hewan karena kehabisan darah dari tubuh, bukannya karena cedera pada organ vitalnya.

Yunus: Ya, sebab jika organ-organ, misalnya jantung, hati, atau otak dirusak, hewan tersebut dapat meninggal seketika dan darahnya akan menggumpal dalam urat-uratnya dan akhirnya mencemari daging. Hal tersebut mengakibatkan daging hewan akan tercemar oleh uric acid, sehingga menjadikannya beracun; hanya pada masa kini lah, para ahli makanan baru menyadari akan hal ini.

Bob: Selanjutnya, selagi masih dalam topic makanan; Mengapa para Muslim melarang pengkonsumsian daging babi, atau ham, atau makanan lainnya yang terkait dengan babi?

Yunus: Sebenarnya, diluar dari larangan Al-Qur’an dalam pengkonsumsian babi, bacon; pada kenyataannya dalam Bible juga, pada Leviticus bab11, ayat 8, mengenai babi, dikatakan, “Dari daging mereka (dari “swine”, nama lain buat “babi”) janganlah kalian makan, dan dari bangkai mereka, janganlah kalian sentuh; mereka itu kotor buatmu.” Lebih lanjut lagi, apakah anda tahu kalau babi tidak dapat disembelih di leher karena mereka tidak memiliki leher; sesuai dengan anatomi alamiahnya? Muslim beranggapan kalau babi memang harus disembelih dan layak bagi konsumsi manusia, tentu Sang Pencipta akan merancang hewan ini dengan memiliki leher. Namun diluar itu semua, saya
yakin anda tahu betul mengenai efek-efek berbahaya dari komsumsi babi, dalam bentuk apapun, baik itu pork chops, ham, atau bacon.

Bob: Ilmu kedokteran mengetahui bahwa ada resiko besar atas banyak macam penyakit. Babi diketahui sebagai inang dari banyak macam parasit dan penyakit berbahaya.

Yunus: Ya, dan diluar itu semua, sebagaimana kita membicarakan mengenai kandungan uric acid dalam darah, sangat penting untuk diperhatikan bahwa sistem biochemistry babi mengeluarkan hanya 2% dari seluruh kandungan uric acidnya, sedangkan 98% sisanya tersimpan dalam tubuhnya. Mohon diteruskan kepada semua rekan Muslim dan Non-Muslim.. . Ini dapat menjawab sebagian pertanyaan mereka, khususnya kala non-Muslim bertanya mengapa ummat Islam tidak boleh mengkonsumsi babi.

Sumber: Ibrahim Ali Ahmad

(Isi diluar tanggung jawab penyadur)

Iklan

11 Tanggapan to "For Muslim & Non Muslim"

Ya, sebab jika organ-organ, misalnya jantung, hati, atau otak dirusak, hewan tersebut dapat meninggal seketika dan darahnya akan menggumpal dalam urat-uratnya dan akhirnya mencemari daging. Hal tersebut mengakibatkan daging hewan akan tercemar oleh uric acid, sehingga menjadikannya beracun

masuk akal banget… lebih baik lagi kalo dikasih link Bu.. πŸ˜€

http://www.rileks.com/module.php?mod=home&art_id=18022006015936&act=detnews

mungkin ini bisa jadi bahan referensi juga kale yak tp kurang lebih ampir sama. klo berdasarkan ilmu pengetahuan syusah nemu nya tp klo pak passya nemu link bagus kasih tau yak πŸ˜‰

klo kata saya mah mendingan “samina wa athona” (kami dengar dan kami taat) saja, karena kita yakin yang datang dari Allah itu adalah untuk kebaikan kita semua.

Jangan sampe analisis kita ttg knapa diharamkan oleh Allah hanya akan mendangkalkan aturan Allah tsb klo suatu waktu analisis scr itu ternyata ga bener, dan akhirnya jadi cemoohan no muslim.

Iblis juga dilaknat Allah, pada intinya adalah dia “menolak perintah Allah”. Soal isi perintahnya ga usah dipermasalahkan.

Soal isi perintahnya ga usah dipermasalahkan

maxudnya paan yak? mang isi perintah seperti ap?

maksudnya gini: pernah ada yg iseng mempertanyakan :” sebenernya iblis ga salah, krn iblis menolak menyembah nabi Adam (walaupun sebenernya bukan menyembah, tapi mau dipimpin sama Nabi Adam)

Terus ada juga yg menyangka jadi cewek itu rugi karena ga sholat (ga dapet pahala sholat ) kalo lagi mens. Padahal mentaati agar ga sholat juga ada nilainya di sisi Allah. Justru yg sholat pas lg mens, dia malah dosa.

Jadi jangan liat isi perintahnya atau isi larangannya, tapi dari siapa perintah /larangan itu berasal. Kalo dari Alloh…laksanain aja.

@ardhi
perintah/larangan allah memang absolut, tetapi Dia pun memberikan kita otak dan akal untuk menyebarkan/menyampaikan kebaikanNya kepada semua umat manusia, bukan hanya kepada umat Islam. Salam πŸ™‚

@ Passya
Betul, itu bisa mbuat iman kita bertambah. Tapi jangan langsung percaya, apalagi kalo kita gak nguasain ilmu (sains)nya.

Terus terang, saya belum yakin sama penemuan Profesor dr Jepang ttg bentuk molekul air ketika di beri doa baik scr Islam , Shinto, dan yang lainnya akan membentuk hexagonal.

Ternyata penemuan profesor Jepang itu baru bisa diliat kalo air itu dibekukan dulu (air yg dah di doain ato yg diberi kata2 positif).

Sebenernya sya dah tau dari dulu (baca-baca), kalo kristal salju itu bentuknya hexagonal. Salju itu air yang membeku kan?

Intinya, jangan cepet ambil kesimpulan.

Tapi klo soal gunung yang bergerak seperti awan, gunung sebagai pasak agar bumi ga bergoncang kuat, spt yg ada di Al Qur’an itu bisa dibuktikan. Soalnya saya tau ilmunya (geologi).

Salam πŸ™‚
nb: saya bukan menyalahkan komen2 & posting ini yak πŸ˜‰

*nyimak sambil garuk2 pala*
**ta elah, oneng amat yak pi2t…**

bukan ulasan yang menarik coba cari tentang fisikanya hebat banged deh

#biLLy Physicist#
Mang ada hubungannya ma fisika?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tHe NarsiS of mE

Still in my table n write about all my life, share information n kadang nulis ga jelas gitu deh...

WordCampId is almost Close

WordCampID – January 30, 2010

WordCampID – January 30, 2010

whEN in AcTiVe

November 2006
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

CaTeGoRiEs Of phie2t cute :p

%d blogger menyukai ini: