little mind in little space

Bir Pletok

Posted on: Oktober 30, 2007

Alkisah, di zaman penjajah Belanda, minuman khas para penjajah adalah bir. Konon katanya bisa menghangatkan badan. Tetapi bila terlalu banyak minum, maka yang ada hanya bisa membuat tak sadarkan diri. Orang-orang Batavia yang melihat kebiasaan minum para penjajah, jadi ingin ikut mencicipi hanya saja mereka adalah orang-orang yang taat dalam ajaran Islam dan bir termasuk minuman beralkohol sehingga mereka pun mencari akal supaya bisa menikmati minuman itu tapi tidak memabukkan dan bisa menghangatkan badan mereka ketika mereka tugas ronda.

Seperti kita ketahui, orang Indonesia mungkin sudah sifatnya kreatif. Lihat saja di zaman sekarang, ujian pun harus kreatif. Maksudnya kreatif mencontek 😀 Jadi pejabat pun klo mo hidup makmur dan tidak syusah ada yang bener2 kreatif. Maksudnya harus korupsi 😀 Tapi kreatif ga mesti negative. Ada juga yang kreatif positif 🙂 seperti orang-orang batavia tadi, mereka akhirnya membuat minuman yang bisa menghangatkan badan. Mereka pun membuat minuman dari bahan2 rempah, seperti jahe, cengkeh, palagi ya? Ada yang tau? Hehehe lupa nih 😀 Karena bir para penjajah tadi ada yang berwarna merah, mereka pun mencampurkan bubuk kayu secang sehingga bahan pewarnanya pun alami dan minuman tersebut berubah menjadi merah 🙂 Minuman pun siap dihidangkan. Bisa dalam keadan panas, ataupun dingin. Jika ingin minuman tersebut dalam keadan dingin, maka bisa dituangkan minuman tersebut ke dalam sebuah botol lalu dimasukkan es batu ke dalam botol tersebut dan dikocok-kocok lah botol tersebut sehingga bunyi nya “pletok pletok…” “pletok pletok…”. Jadilah minuman tersebut dengan nama bir pletok 🙂

Fyi, kisah ini saduran dari cerita nyokap yang ngeliat berita di trans tv 🙂 dan mengalami revisi cerita di sana sini. Tapi minuman khas ini benar adanya dan katanya bir pletok ini ada di  daerah Jakarta Timur. Ingat ya, bir pletok ini minuman khas Betawi, buatan asli Indonesia bukan Malaysia ya 🙂 Btw, ada yang tau di mana jual bir pletok ini? Kira2 gimana ya status kehalalannya?

Oia, ga sempet n malez banget nulisnya so di postingan ini aj deh nulisnya. Buat temen2 dan pengunjung blog smua, maaf lahir batin ya. Happy Idul Fitri 1428 H. Mudah2an hari2 qta dipenuhi semangat Ramadhan walopun Ramadhan telah berlalu. Amin 🙂

Iklan

5 Tanggapan to "Bir Pletok"

Nice blog………….

Mohon maaf bila informasi ini mengganggu dan tidak berhubungan dengan tema sobat…..

Saya hanya ingin berbagi sedikit tentang …..Cara tepat menyulap BLOG WORDPRESS menjadi sumber dollar.

Sobat bisa jadikan wordpress menjadi blog bisnis. Setiap klik di blok sobat akan mendapatkan sekitar Rp.1,- sampai Rp.2,-. selama ini wordpress melarang penggunaan javascript sehingga untu memasukkan iklan insentif tidak bisa. Untuk itu sobat bisa memilih alternatif lain untuk dapat tetap memberikan dollar gratis.

informasi dan petunjuk silahkan klik di :
gallery-c5lxeuuycpfssic.usercash.com

bir pletok ada kok jual di Setu Babakan, Depok. 1 botol harganya rp. 10ribu. rasanya maknyus, top markotop. awalnya kalau diminum panas, tapi lama-lama jadi anget. halal kok, karena gak ada alkoholnya. yang bikin panas itu karena pake bahan jahe. begituu…

wah dipatenkan tuh
bener jgn sampe keduluan malyngsia!

belum pernah minum bir pletok.. nyobain paling sekoteng, wedang ronde or bajigur.. sama2 dari jahe juga kan, bikin badan hangat hehe..

— visit http://m.rujakasik.com

Maaf, berhubung ada yang nanyain di mana bisa dibeli Bir Pletok? Maka boleh dong numpang iklan. Hehehe… Selain di Setu Babakan, Bir Pletok juga dijual di Kedai Kopi saya, di belakang Masjid Baitul Mushthafa Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat (exit tol Cibitung).

Harganya dijamin murah. Penyajiannya pun mudah. Tinggal seduh dengan air hangat. Cocok untuk usaha kedai kopi, roti bakar, dan jajanan K-5 lainnya.

Harga :
Kemasan 1Kg = Rp 65.000,-
Kemasan 1/2 Kg = Rp 35.000,-
Kemasan 250 gr = Rp 18.000,-

Bagi yang merasa jauh dengan lokasi Kedai Kopi Bambu saya, saya siap melayani pembelian via pos/tiki. Untuk pemesanan, silakan SMS ke no: 0853 1900 1677 dengan Pak Budi, atau 0821 1435 6633 dengan Bu Nawang. Ongkir sejabodetabek gratis, asalkan pesan di atas 5 kg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tHe NarsiS of mE

Still in my table n write about all my life, share information n kadang nulis ga jelas gitu deh...

WordCampId is almost Close

WordCampID – January 30, 2010

WordCampID – January 30, 2010

whEN in AcTiVe

Oktober 2007
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

CaTeGoRiEs Of phie2t cute :p

%d blogger menyukai ini: